Home » » Cara Menyembunyikan Sheet Excel yg Jitu

Cara Menyembunyikan Sheet Excel yg Jitu

Written By admin on Kamis, 09 Februari 2012 | 22.46

Sudah beberapa hari ane membuat suatu program pnilaian di dalam Excel. Rencananya program ini akan kita berikan kepada temane2 guru. Diantara seluruh sheet yang terdapat dalam program tersebut, ada satu sheet yang diperlukan program, namun ia tidak perlu dilihat oleh user, karena takut dimofikasi. Ia harus kita sembunyikan, dan tidak boleh dilihat oleh user.
Cara yang umum, Anda klik menu Format -> Sheet -> Hide. Masalahnya cara ini sudah banyak diketahui triknya, bahkan oleh pengguna Excel yang masih awam. Ia dengan mudah dapat dilihat kembali menggunakan menu Format -> Sheet -> Unhide. Maka sheet yang sudah Anda hidden dapat dimunculkan kembali.
Resep rahasia agar sheet Anda benar-benar tersembunyi, dan tidak dapat lagi di-unhide kecuali oleh kita sang pemilik program adalah dengan cara klik ALT + F11, lalu tekan F4. Saat ini Anda sedang berada dalam VBA. Perhatikan kotak properties dimana Anda saat ini sedang berada.
Hanya dua langkah yang Anda perlukan:
1.      Tentukan sheet mana yang hendak Anda hide. Perhatikan gambar diatas, lihat yang saya beri tanda nomor 1. Terlihat saya akan meng-hidden Sheet1.
2.      Ganti properties Visible dari sheet tersebut, dari xlSheetVisible menjadi xlSheetVeryHidden. Perhatikan gambar diatas, lihat yang saya beri tanda nomor 2.
Maka sheet yang sudah dihidden tidak muncul dalam workbook, dan tidak dapat di-unhide melalui menu Format -> Sheet -> Unhide.
TIPS LAGI (tips didalam tips):
User advance (yang sudah jago bermain Excel) terkadang bisa meng-unhide sheet tersebut dengan cara masuk ke VBA, lalu diubah properties Visible-nya, dari xlSheetVeryHidden menjadi xlSheetVisible. Hmm, jangan khawatir, Anda tinggal klik kanan VBA project yang ingin Anda amankan, lalu pilih menu VBAProject Properties. Perhatikan gambar dibawah ini:
Masuk ke tab Protection, lalu beri tanda centang pada check box lock project for viewing. Masukan passwordnya di kedua field yang tersedia. Klik OK. Perhatikan gambar dibawah ini:
Maka VBA Anda sekarang sudah dipassword, dan tidak dapat dibuka lagi kecuali oleh Anda. Selamat, Anda sekarang memiliki sheet yang benar-benar Hidden Sejati (HS), rahasiakan tips ini hanya untuk kita-kita saja, ok … :)
 
Share this article :
Komentar
1 Komentar

1 komentar :

  1. sy sudah mencoba, kemudian file yang telah dipassword dengan cara di atas dibuka menggunakan open office org, kemudian centang pada protect sheetnya dihilangkan trus disimpan.... kemudian dibuka menggunakan excel hilang semua protectnya

    BalasHapus

Terima kasih ... coment santunnya...
mau pesan Desain, program pembelajaran, penilaian
dll sms 085725507688 !!



 
Support : cara smart
Copyright © 2013. Bismillah Komputer - All Rights Reserved
Template Created by masganteng website: Bismillahcom
Proudly powered by Blogger